“PD IS KEY !”

  
­   “PD IS KEY !”
          Kita tentunya sering sekali melihat orang-orang yang hebat di sekeliling kita, mereka semua seolah sanggup merangkai jutaan kata indah hingga membuat kita larut akan buainya, mereka sangat luar biasa menurut saya. Dengan menjadi seorang yang sanggup menunjukan kelebihan di sela kekurangan mereka yang tidak sedikit tentunya. Pernah sekali tergambar dalam benak saya “ Apa sih rahasia mereka ?” dan jawaban dari pertanyaan saya tadi adalah PD, benar PD. Saat kita PD kita sanggup menjadi seorang pemenang. Berbicara soal PD saya jadi teringat tentang seorang teman yang sangat PD menurut saya, waktu itu dia menjadi seorang pembawa acara di sebuah acara LDK di salah satu lembaga, teman saya ini benar-
benar menginspirasi saya hingga sekarang bagaimana tidak dia menunjukkan pada kami semua bahwa PD is KEY ( PD adalah kunci ) dia membawakan acara acara dengan sangat terbata-bata namun dengan PDnya dia berani maju dan menahlukan ganjalan. Ya meskipun dia membuat kami semua tertawa karena berkali-kali salah dengan lucu tetapi sekarang dia sudah jadi seorang pembawa acara yang ok minggu lalu. Dan saya amat berterima kasih sekali pada teman saya yang satu ini karena berkat dia saya dapat menyimpulkan bahwa bukan kepandaian seseorang yang membuat dia berhasil namun pada PM ( PD meter ) seseorang. Kita juga pasti sering melihat teman sebaya kita yang sebenarnya biasa-biasa saja (gak pinter-pinter amat) tapi dia bija jadi orang yang sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari melebihi orang yanag terbilang pandai. Benar kan ? Saya juga pernah mendengar nasehat dari teman sekaligus kakak saya “dahulu, saya gak lebih dari kalian, namun di mulai dari rasa berani saya menjadi seperti ini, waktu itu sebenarnya terpaksa dan keterpaksaan juga yang membuat saya menjadi terbiasa seperti ini”.
Kalian juga pasti sering melihat artis yang gak pinter-pinter amat tapi tiap hai di menghiasi layar kaca anda dan apakah kunci mereka apakah rahasia mereka PD, percayalah teman pd itu adalah kekuatan luar biasa yang sanggup merubah hidup kalian kok bisa ?
            Mbah enstein pernah bilang “semua anak adalah cerdas, namun jika anda menilai bagaimana ikan memanjat pohon maka ia akan merasa bodoh seumur hidupnya” berarti kita adalah mahluk yang pandai teman hanya saja kita belum menemukan apa guna kita ? dan pendidikan kita, membuat seolah-olah saat kita beda itu aneh, beda itu minoritas, dan beda itu sesuatu yang tidak pantas, padahal perbedaan manusia adalah sesuatu yang mutlak ada dalam diri manusia secara keseluruhan, because beda is sunnahtullah  teman. Lalu apa hubungannya antara pd dan beda ? mari kita berfikir teman, banyak sekali teman kita gak sanggup pd saat dia berbeda, karena potret pendidikan kita yang di sadari atau tidak mencekik para siswanya tuk gak mampu meyakinkan dirinya bahwa dia itu benar dengan perbedaannya. Dan coba kita bayangkan jika budaya itu tetap kita pelihara dan kita pupuk dalam pikiran kita mau jadi apa kita teman ?
            Bahkan ki hajar dewantoro pernah berpesan “padi selamanya tak akan menjadi jagung” kita tarik kesimpulan di sini teman kita adalah manusia yang khusus dan jangan paksakan kekhususan orang lain dalam diri kita. karena akan sangat sulit sekali kita tuk menjadi lebih baik dari orang lain tersebut dan untuk menjadi orang yang berguna, kita harus jadi orang yang lebih baik dalam melakukan sesuatu teman.
            Mbah Einstein juga pernah bilang pada gurunya sewaktu beliau smp “pak, saya tidak setuju dengan konsep belajar menghafal karena itu menghentikan kreatifitas dan membuat kita malas untuk berfikir” dan beliau keluar dari sekolah. So, berikut adalah potret yang ada dalam negri kita teman, tak ada hal yang kita temukan dalam sekolah kita yang meyakinkan kita tuk pd meskipun kita berbeda dan gak ada yang salah dengan itu. Mari kita melirik dari cara belajar sorang anak teman, seorang anak usia di bawah lima tahun belajar dengan sangat luar biasa, dalam sehari dia sanggup memahami jutaan kata bahkan mengerti tanpa di ajari kan ? kenapa demikian ? karena dia setiap detiknya belajar lewat bermain dan interaksinya dengan dunia.
            Sorang anak memegang batu, “oooh ini batu?” “itu kaca” “kalo di lempar? Ooh pecah” “kalo saya diam aja? Di pukulin berati saya harus lariiiii” berikut adalah gambaran sederhananya seorang anak belajar. Pernah pula saya mendengar sebuah wacana yang mengatakan bahwa “anak-anak jika kalian ingin menjadi orang sukses jangan Cuma belajar, banyak-banyaklah bermain !” sebuah wacana yang aneh namun setelah kita nalar dengan lebih baik itu ada benarnya. Dunia gak selebar buku lks teman.
            Kenapa sih beda itu menurut kita salah? karena ada konsep yang aneh sebenarnya, yaitu beda itu salah dan salah itu bodoh nha gambaran tersebut lah yang biasa meracuni kita dan generasi kita yang semakin lama menurut saya semakin terpuruk teman. Dan kenapa pd itu jadi suatu yang berat dalam hidup kita saat kita berbeda ? kerena di sadari atau tidak di Negara kita ini “kaum mayoritas semena-mena dengan kaum minoritas dan kaum minoritas merasa kerdil di depan mayoritas.” 1,5 % dari saudara kita di indonesia ini adalah cacat namun bisa, 2% adalah pengusaha, dan masih banyak lagi mahluk mahluk yang berbeda dan tergilas oleh sesuatu yang sebenarnya wajar namun menjadi salah di hadapan kaum mayoritas. So, monggo kembali mikir !!!
            Satu lagi kita ambil contoh di dalam organisasi saya yauitu IPNU-IPPNU kec maduran, dalam sebuah forum hampir 90% dari kami hanya sanggup terdiam saat berada dalam forum dan memutuskan untuk enggan dalam bertanya padahal saat dia di luar forum jutaan perntanyaan logis tersirat darinya, dan apa masalahnya? kalian mungkin pernah beranggapan bahwa Tanya itu nggak tau, dan nggak tahu itu bodoh padahal dalam konteks ini sangat jauh berbeda teman, Ada juga yang bilang kalau aku malu aku masih kecil, aku takut salah, kalo aku di Tanya balik gimana ? itulah kenapa PD menjadi sebuah kunci. Ya, bukan gara-gara orang tersebut pandai dia menjadi orang yang hebat tapi gara-gara dia pd karena saat dia sudah mempuyai PD maka proses dari PD tersebut yang akan menjadikan dia pandai bukan sebaliknya, pandai dulu baru PD lha kalo cara berpikir kita seperti itu kapan kita akan menjadi mahluk yang PD padahal secara keseluruhan manusia adalah mahluk yang selamanya bodoh teman, itu menurut saya !! So, mari kita gali potensi kita dan tunjukan bahwa kalian adalah pemenang.
          Pernahkah kalian membaca kalimat ini “Tuhan, aku memang tidak sempurna, namun aku yakin ada sesuatu yang indah dariku !”  ya, kita memang bukanlah mahluk yang sempurna, namun kita juga harus yakin bahwa tuhan telah memberikan sesuatu yang indah dalam diri kita. Saya rasa kata tersebut cukup untuk menjadi cambuk bagi kita agar menjadi orang yang PD, kerena di sela kekurangan kita aka nada kelebihan luar biasa yang telah tuhan berikan untuk kita.
            “Tapi, aku gak bakat ?”

“Bukanlah bakat yang menjadikan orang berhasil namun terlatih atau tidaknya”


kata tersebut sangat memoti-
Kata itu pun sering sekali terbersit dalam benak, sehingga mengakibatkan langkah saya terhenti di tengah jalan, namun saya sadar berkat apa yang di sampaikan Mario teguh yaitu
fasi saya, karena kalau di-
pikir-pikir itu benar sekali
bukankah tuhan melahirkan
kita tanpa bakat, lalu kegigihan dan keinginan kita untuk belajar akan sesuatu yang kita senangilah yang biasa kita sebut dengan bakat, dan seolah enggan mempelajari hal yang tidak kita sukai kemudian kita menghukum diri kita dengan bilang bahwa “aku gak punya bakat”.
            So, mari kita jadikan PD menjadi bagian dari hidup kita yang akan membawa diri kita menjadi manusia yang senantiasa lebih baik.

Popular posts from this blog

ayumi hamasaki

cara nge hack